Jika Anda benar-benar ingin menjadi lebih menguntungkan dan meningkatkan operasi di perusahaan Anda, Anda harus mengalihkan fokus Anda dari pemikiran-pemikiran terbatas berikut tentang teknologi.
-
Jika saya membeli perangkat lunak produksi terbaru, kami akan berada dalam kondisi yang baik
-
Kami tidak melakukan itu di sini
-
Kami unik, kami tidak memiliki pesaing yang menggunakan teknologi untuk membantu mereka menghasilkan keuntungan
-
Rencananya ada di kepala saya, orang akan mencurinya dari komputer
-
Yang saya butuhkan hanyalah lebih banyak penjualan untuk menghasilkan lebih banyak keuntungan
Anda harus memiliki pola pikir yang benar dengan menghilangkan pemikiran-pemikiran yang membatasi, dan kemudian Anda akan siap untuk meningkatkan sumber daya manusia, proses, dan profitabilitas.
Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana sebuah perusahaan bisa dimulai hanya dengan satu ide, semangat dan visi, kemudian 10 hingga 20 tahun kemudian memiliki ribuan karyawan dan jutaan penjualan?
-
Apa yang dilakukan perusahaan-perusahaan ini hingga menjadi begitu sukses
-
Apakah pemiliknya lebih pintar dari Anda?
-
Apakah mereka bekerja lebih keras dari Anda?
-
Apakah mereka memiliki peralatan atau orang yang lebih baik dari Anda?
Tidak. Namun mereka menggunakan perangkat teknologi yang lebih baik untuk mendorong operasional (manusia dan prosesnya). Operasi mewakili sekitar 60% atau 80% dari seluruh biaya overhead Anda, namun biaya ini paling sedikit dipahami oleh bisnis di AS.
Selama beberapa dekade, Jepang berfokus pada operasi yang mendorong inovasi dan budaya perbaikan berkelanjutan. Di tangan pemilik usaha kecil yang tepat, operasi dan teknologi dapat menjadi senjata kompetitif.
Sekarang, tanyakan pada diri Anda bagaimana perusahaan kecil Anda— dengan hanya segelintir karyawan dan sumber daya yang terbatas — mengubah operasi dan penerapan teknologi menjadi senjata ampuh untuk mengalahkan persaingan dan belajar untuk tumbuh dan berkembang!
Mengapa berinvestasi pada teknologi / Apa manfaatnya
Kesimpulannya adalah, jika Anda mengalami kesulitan arus kas, batas kredit yang habis, dan pertumbuhan pendapatan, maka Anda memiliki operasional yang lemah dan kurang memanfaatkan aplikasi teknologi yang ada di dalam atau di luar rak yang dapat membantu Anda.
Langkah pertama untuk meningkatkan keuntungan secara cepat adalah memulai dengan mempertanyakan karyawan Anda. Mereka biasanya tahu di mana letak hambatan dan hambatan yang mahal.
Teknologi dapat menyimpan hasil survei karyawan yang membantu Anda merencanakan profitabilitas.
Kuesioner Karyawan (contoh)
-
Apakah minat dan ambisi Anda ditantang
-
Apakah setiap departemen di perusahaan ini memiliki standar terukur yang dirancang untuk meningkatkan profitabilitas? Apakah setiap area mempunyai dokumentasi alur proses dan prosedur bagaimana seharusnya bekerja?
-
Apakah semua orang di perusahaan ini memiliki tujuan yang sama untuk meningkatkan keuntungan perusahaan? Apakah CEO mengadakan pertemuan balai kota tentang 'keuntungan yang direncanakan'?
-
Apakah Anda rutin diberi tahu kapan Anda melakukan pekerjaan dengan baik?
-
Apakah Anda mendapatkan bantuan yang Anda perlukan untuk melakukan pekerjaan dengan baik?
-
Sebagai seorang karyawan, apakah Anda merasa dapat mempercayai atasan/manajer langsung Anda?
-
Apakah pemilik/manajer terbuka dan jujur terhadap karyawannya?
-
Apakah perusahaan memberi Anda pelatihan berkelanjutan di bidang-bidang yang akan membuat Anda menjadi karyawan yang lebih baik? Apakah program ini telah melatih Anda tentang cara memotong biaya operasional atau meningkatkan pendapatan untuk meningkatkan keuntungan di wilayah Anda?
-
Apakah tanggung jawab Anda dijelaskan secara umum, terencana dan terorganisir dengan baik?
-
Apakah kinerja buruk dapat ditoleransi oleh manajemen? yaitu, kinerja pekerja, kemacetan operasi dan hubungan pelanggan.
Berikut ini adalah cara lain perangkat lunak produktivitas bisnis mendorong proses bisnis secara lebih efisien untuk mendapatkan hasil yang optimal:
Ciptakan lingkungan yang terbuka dan komunikatif.
Dengan menyimpan informasi penilaian dalam database formal, manajer dapat lebih mudah mengomunikasikan strategi bisnis dan menciptakan tujuan terukur bagi karyawannya yang akan mendukung tujuan perusahaan secara keseluruhan. Memungkinkan karyawan untuk melihat gambaran keseluruhan dan memahami dengan lebih baik bagaimana tujuan individu sesuai dengan tujuan bisnis perusahaan. Hal ini dapat menciptakan karyawan yang bersemangat dan terlibat sehingga meningkatkan produktivitas bisnis perusahaan.
Memotivasi karyawan Anda menggunakan teknologi.
Berdasarkan informasi yang dikumpulkan dalam evaluasi kinerja online, manajer dapat membandingkan keterampilan saat ini dengan keterampilan yang diperlukan untuk kemajuan atau peluang pengakuan atau penghargaan lainnya yang muncul saat manajer melacak kemajuan tujuan karyawan sepanjang tahun. Anda mungkin juga merasa perlu mengalihkan karyawan ke departemen lain jika Anda merasa produktivitas bisnis mereka dapat meningkat di tempat lain. Jika terdapat hambatan untuk mencapai kinerja yang lebih baik, perusahaan harus mengkaji ulang mengapa hal tersebut terjadi dan mencoba menghilangkannya melalui alokasi sumber daya yang lebih baik atau pelatihan tambahan.
Pantau produktivitas bisnis dan kemajuan karyawan dalam mencapai tujuan.
Solusi perangkat lunak produktivitas bisnis memungkinkan manajer untuk lebih mudah melacak kemajuan selama setiap fase penyelesaian tujuan dan menawarkan penguatan atau pembinaan segera untuk menjaga kinerja dan tenggat waktu pada jalur operasi sehari-hari, dan memanfaatkan pengukuran kinerja untuk perencanaan strategis.
Perdagangan elektronik
Ada banyak aplikasi bisnis yang terkait dengan e-niaga, mulai dari menyiapkan etalase online, mengelola rantai pasokan, hingga memasarkan produk dan layanan Anda. Teknologi ini terbagi dalam tiga kategori utama:
Bisnis ke Bisnis (B2B)
-
Membeli perlengkapan tidak langsung
-
Cari situs web berbasis katalog yang ditawarkan oleh pemasok untuk pembelian korporat, mirip dengan situs web bisnis-ke-pelanggan, untuk pembelian perlengkapan tidak langsung seperti perabot kantor, pena, kertas, dan peralatan kantor umum.
-
Memanfaatkan kehadiran Web Anda yang ada
-
Tingkatkan situs web e-niaga bisnis-ke-pelanggan Anda yang sudah ada. Kecanggihan yang lebih besar dapat ditambahkan ke toko online Anda untuk menargetkan klien bisnis Anda.
Bisnis ke Pelanggan (B2C)
Jangkauan global Internet telah memungkinkan banyak bisnis untuk menjual produk dan layanan mereka secara online, baik di dalam maupun luar negeri. Etalase elektronik adalah situs web dengan banyak komponen e-niaga siap pakai seperti keranjang belanja elektronik dan gerbang pembayaran aman yang dapat Anda gunakan untuk menyiapkan toko online.
Pemasaran Internet
Segala sesuatu yang Anda lakukan untuk mempromosikan bisnis Anda secara online adalah pemasaran Internet. Misalnya, strategi pemasaran Internet mencakup (namun tidak terbatas pada) desain dan konten situs web, pengoptimalan mesin pencari, pengiriman direktori, strategi tautan timbal balik, periklanan online, dan pemasaran email.
Bagaimana Menerapkan Teknologi untuk meningkatkan keuntungan
Penerapan TI dapat menjadi alat yang berharga untuk meningkatkan produktivitas di tempat kerja, namun tanpa pemilihan teknologi yang tepat untuk industri spesifik Anda dan pelatihan karyawan yang komprehensif, hal ini juga dapat mengurangi produktivitas, profitabilitas, dan kepuasan karyawan. Pengembalian investasi akan bergantung pada apakah teknologi yang diterapkan tepat untuk kebutuhan bisnis tertentu dan seberapa siap karyawan untuk menggunakannya.
Langkah 1
Pikirkan daftar perbaikan proses bisnis yang mungkin dapat Anda wujudkan dari penerapan teknologi. Daftar Anda harus mencakup tiga kategori: perbaikan yang Anda tahu mungkin dilakukan, dan yang merupakan persyaratan inti untuk pengeluaran Anda; daftar keinginan tentang hal-hal yang ingin Anda miliki, namun mungkin merupakan upaya pengembangan di masa depan; dan daftar hal-hal yang akan mengubah cara Anda berbisnis, namun mungkin tidak dapat dilakukan. Ketiga target ini memberi Anda tujuan implementasi saat ini, serta target pengembangan di masa depan – dan mungkin saja tujuan transformasional Anda jauh lebih mudah dicapai daripada yang Anda harapkan.
Langkah 2
Tentukan apakah Anda bermaksud mengembangkan teknologi ini menggunakan sumber daya internal atau melalui konsultan luar. Hampir setiap teknologi alur kerja utama memerlukan penyesuaian ekstensif, prosedur implementasi, dan pelatihan. Usaha kecil kadang-kadang dapat bertahan dengan biaya yang murah jika menggunakan anggota staf yang mahir secara teknologi – namun kesalahan yang dilakukan pada awal proses dapat meningkatkan biaya di kemudian hari ketika Anda beralih ke dukungan profesional dari luar.
Langkah 3
Hindari menentukan teknologi tertentu jika Anda tidak memiliki keahlian teknis untuk mengevaluasinya dengan benar. Tujuan dari proses manajerial pada tahap ini adalah untuk menentukan tujuan dan batasan anggaran; manajer non-teknis yang terlalu dini menerapkan teknologi tertentu dapat kehilangan penghematan biaya yang besar, dan memilih teknologi yang tidak paling cocok untuk pekerjaan mereka.
Langkah 4
Sebarkan permintaan proposal Anda kepada konsultan dan pelaksana dari luar, atau tetapkan proses internal untuk melakukan hal yang sama di antara staf Anda jika Anda mempertahankan pekerjaan tersebut di dalam perusahaan. Penerapan teknologi besar tidak akan berhasil jika ditambah dengan beban kerja seorang karyawan yang ada. Penerapan teknologi yang tepat bisa menjadi lebih dari sekadar pekerjaan penuh waktu. Anggota staf yang dialihkan ke penerapan teknologi harus memindahkan tugas mereka ke sumber daya staf lainnya.
Langkah 5
Negosiasikan kerangka waktu, anggaran, dan tolok ukur penerapan dengan sumber daya staf eksternal atau internal Anda. Jika Anda bekerja dengan konsultan luar, kontrak Anda harus mencakup perlindungan terhadap kelebihan anggaran dan jadwal. Demikian pula, konsultan akan melindungi perusahaannya sendiri dengan menetapkan persyaratan khusus untuk pekerjaan yang harus diselesaikan, dan membebankan biaya tambahan kepada Anda jika Anda mengubahnya selama masa kontrak.
Langkah 6
Kembangkan jadwal implementasi, termasuk langkah-langkah berikut: uji penerapan untuk meninjau pekerjaan; pelatihan, jika perlu; fase transisi dari alur kerja saat ini ke teknologi baru; dan penyebaran produksi dari teknologi yang telah selesai. Fase terakhir ini biasanya diikuti dengan proses berulang, di mana perbaikan teknologi dikumpulkan dari staf yang mempunyai pengalaman langsung bekerja dengannya. Jika anggaran dan waktu memungkinkan, terapkan siklus peningkatan baru pada teknologi Anda untuk memastikan Anda mendapatkan hasil maksimal.