Sungguh luar biasa bagaimana perusahaan seperti Yelp dan Google dengan fitur Maps mereka membantu kita semua, pengguna ponsel pintar, menemukan apa yang kita cari dan mereka menggunakan crowdsourcing untuk membantu kita membuat keputusan yang lebih aman. Namun apa yang terjadi jika alat-alat ini menyesatkan kita, atau ketika alat-alat tersebut tidak memberikan informasi yang kita perlukan. Sepertinya hal itu terjadi pada saya sepanjang waktu.
Tidak, saya tidak marah, karena saya ingat ketika saya membeli unit GPS pertama untuk motorhome saya. Sebagian besar jalan tidak terdaftar, hanya jalan raya utama dan jalan utama, vendor data tidak bekerja sama secara kohesif, meskipun platform seperti ERSI memiliki sistem yang hebat. Beberapa tahun kemudian, gelembung dot-com pecah dan keadaan tidak membaik dalam jangka waktu yang lama. Saat ini, Google Maps cukup bagus, namun saya mengalami masalah dengan jalur sepeda, jalur hiking, dan sejenisnya. Kita akan segera diberitahu bahwa interior gedung-gedung pemerintah juga akan dipetakan, kita mungkin tidak akan tersesat lagi – sebuah masa depan yang menjanjikan, ya, tapi masa depan itu belum tiba.
Ada artikel menarik di Albuquerque First Business Journal pada tanggal 23 Oktober 2013 berjudul; “Batu, sungai, jalan setapak mendapat perlakuan Yelp dari startup lokal,” oleh Dan Mayfield yang mencatat; “Penggemar aktivitas luar ruangan kini dapat mulai menjelajahi jalur pendakian dan aliran kayak seperti halnya pecinta kuliner mengunjungi restoran di Yelp. Situs PlanitMapper aktif dengan daftar jalur bersepeda, hiking, olahraga salju, kayak, dan pendakian di negara bagian ini.”
Ini sangat bagus karena belum lama ini, saya sedang bersepeda di pegunungan di CA dan beberapa mahasiswa menghentikan saya di jalan untuk menanyakan apakah saya tahu di mana “ujung jalan” untuk jalur lokal tertentu yang populer. Ya, saya sedang bersepeda sejauh 65 mil dan saya tidak tahu di mana tempatnya. Mereka mengatakan bahwa Yelp memberi mereka arah yang salah, dan saya memberi tahu mereka bahwa saya tidak melewatinya, jadi pasti sebaliknya. Mereka tidak kembali jadi saya kira mereka menyerah.
Saya memberitahu mereka; “Yah, Yelp menyebalkan,” dan mereka berkata “jangan bercanda” lalu aku memberi tahu mereka; “siapa sih yang menemukan jalan ini,” menunjuk kembali ke jalan berkelok-kelok di belakang saya dan semua saklar kembali naik ke ketinggian sekitar 1.400 kaki, dan mereka berkata “Ya, benar?!?” Pokoknya ternyata Yelp tidak membantu! Jadi, ada baiknya mereka memperbaiki masalah ini dengan semua jalur pendakian, ide awal yang bagus, saya harap mereka akan mewujudkannya. Masih ada pekerjaan yang harus dilakukan. Mohon pertimbangkan semua ini dan pikirkanlah.